Buku

2020 / Akuntabilitas Kinerja Keuangan Pusat dan Daerah (Tinjauan Pengelolaan DAK Kesehatan)

ISBN: 000-000-0000-00-0

Gambaran Umum:
Pemantauan DAK Kesehatan juga belum optimal karena belum ditetapkannya regulasi (Peraturan Menteri Kesehatan) yang mengatur pedoman pelaksanaan monitoring dan evaluasi DAK Fisik dan Nonfisik bidang Kesehatan oleh Inspektorat Jenderal dan Unit Utama di Kementerian Kesehatan. Hal ini berpotensi pada terjadinya kesalahan berulang dan belum optimalnya capaian kegiatan DAK Fisik dan Nonfisik.

2020 / Analisis Terhadap Efektivitas Belanja Daerah Untuk Meningkatkan Pembangunan Manusia (Berdasarkan Pemeriksaan Kinerja Tematik BPK RI Pada IHPS II 2019)

ISBN: 000-000-0000-00-0

Gambaran Umum:
Buku ini mengelaborasi temuan serta permasalahan pada Kemendagri dan Pemerintah Daerah agar permasalahan belanja daerah untuk meningkatkan Pembangunan Manusia dapat terpetakan secara komprehensif. Sehingga, diharapkan Belanja Daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia akan menjadi lebih efektif kedepannya, mengingat Pembangunan Manusia merupakan salah satu prioritas dalam RPJMN 2015-2019.

2020 / Belanja Infrastruktur Daerah Studi Kasus: Implementasi Kebijakan Pengalokasian Dana Transfer Umum

ISBN: 000-000-0000-00-0

Gambaran Umum:
Buku yang merupakan hasil kajian ini diharapkan menjadi perhatian para pemangku kepentingan, karena di antara fakta empirik yang diungkap adalah kondisi dimana sebagian besar Pemerintah Daerah tidak dapat menjelaskan seberapa besar kontribusi pengalokasian DTU untuk infrastruktur dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dari kebijakan tersebut. Padahal diketahui bahwa kebijakan ini diarahkan oleh Pemerintah Pusat sebagai stimulus bagi Pemerintah Daerah untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan kata lain, penilaian atas efektivitas pelaksanaan kebijakan baru terbatas pada tingkat kepatuhan Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan belanja infrastruktur dalam APBD yang bersumber dari DTU di setiap tahun anggaran sesuai persentase yang diamanahkan dalam UndangUndang APBN, sedangkan penilaian atas kesesuaian antara tujuan dengan dampak yang diharapkan belum dapat dilakukan.

2020 / Efektivitas Pelaksanaan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dalam Rangka Penyelenggaraan Wajib Belajar 12 Tahun (Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Kinerja Tematik IHPS II Tahun 2019)

ISBN: 000-000-0000-00-0

Gambaran Umum:
Buku kajian ini di ungkap 6 permasalahan signifikan pelaksanaan peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada Kemendikbud maupun 48 pemerintah daerah yang menjadi daerah uji petik pemeriksaan BPK RI.

2019 / Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Buku I)

ISBN: 000-000-0000-00-0

Gambaran Umum:
Berdasarkan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas LKPD Provinsi & LKPD Kab/Kota TA 2017 di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung

← Sebelumnya 1 2 3 Selanjutnya →